Translate

Sabtu, 28 Juli 2012

Pemakai Informasi Akuntansi dari Pihak Intern dan Ekstern

1) Pemakai informasi akuntansi oleh pihak intern adalah:
Manajemen Untuk Pengambilan Keputusan Intern
Menyusun suatu rencana organisasi, baik menyangkut jumlag pembelian maupun jumlah yang akan dipinjam ke bank.

2) Pemakai informasi akuntansi oleh pihak ekstern adalah:
Pemilik atau Pemegang Saham
Para pemilik atau pemegang saham berkepentingan untuk mengetahui sampai seberapa besar perusahaan mampu menghasilkan laba atas modal yang ada, serta perkembangan atau penambahan dari aktiva, utang, dan modal perusahaan yang menjadi miliknya.

Instansi Pemerintah
Misalnya Kantor Pelayanan Pajak.  informasi akuntansi merupakan sumber utama bagi badan pemerintah untuk menetapkan pajak perusahaan serta kebenaran jumlah pajak dilaporkan.

Kreditur dan Calon Kreditur
Kreditur berkepentingan terhadap keamanan dana yang dipinjamkannya dan tingkat penghasilan yang akan diperolehnya.
Calon kreditur: informasi tentang perusahaan diperlukan untuk menilai resiko yang akan terjadi sebelum pinjaman diputuskan untuk diabaikan.

Investor/Calon Investor (Calon Penanam Modal)
Para investor berkepentingan terhadap Laporan Keuangan perusahaan untuk mengetahui apakah aktiva yang akan diinvestasikan pada perusahaan dapt menghasilkan keuntungan yang lebih besar dibanding apabila diinvestasikan dalam alternatif lain.

Para Karyawan
Para karyawan berkepentingan terhadap laporan keuangan untuk mengetahui apakah balas jasa yang diterima dari perusahaan misalnya: gaji, bonus tahunan, atau tunjangan-tunjangan sudah layak dengan prestasi yang disumbangkan kepada perusahaan.

Organisasi Nirlaba
Organisasi Nirlaba adalah organisasi-organisasi yang tidak bertujuan mencari laba misalnya: organisasi kegamaan, yayasan atau lembaga pendidikan.  walaupun bertujuan tidak untuk mencari laba, namun mereka tetap berurusan dengan soal-soal keuangan karena mereka harus mempunyai anggaran, membayar tenaga kerja, membayar listrik dan sewa serta urusan-urusan keuangan lainnya.  Semua hal tersebut berurusan dengan akuntansi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar